Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

pengertian dan fungsi sistem operasi

Komputer memiliki Sistem yang tidak akan terlepas dari 4 komponen dalam pengoperasiannya, yaitu Brainware (Pengguna), Software (Perangkat lunak), Hardware (Perangkat keras) dan Sistem operasi (En : Operating System). antara brainware, software dan hardware di hubungkan melalui perantara Sistem operasi, artinya dengan Sistem operasi kita dapat mengoperasikan semua sistem yang terdapat dalam Komputer, tanpa adanya Sistem operasi Komputer hanyalah sebuah benda mati yang tidak memberikan manfa'at.

Apa itu Sistem Operasi ?

Sistem Operasi atau biasa disebut OS merupakan sebuah Software yang berfungsi untuk mengontrol dan memanage perangkat keras (Hardware) sekaligus sebagai penjalan Software aplikasi lainnya. sistem operasi bertindak sebagai perantara antara pengguna dengan program aplikasinya, jadi pada dasarnya OS ini sebuah software namun bertugas untuk mengolah dan menjalankan software program aplikasi yang ada pada sebuah Komputer, Sistem operasi bekerja pada saat Komputer dijalankan dan software aplikasi bekerja saat Sistem Operasi dijalankan.

Bagaimana Cara kerja Sistem Operasi ?

Dari gambar diatas dapat di ketahui dengan jelas bahwa Sistem Operasi bertugas sebagai penghubung antara Hardware dengan Software aplikasi sehingga keduanya bisa saling tersinkronisasi dan dapat di operasikan oleh brainware. Saat brainware menyalakan komputer maka yang akan pertama kali berjalan adalah Sistem operasi dan setelah Sistem operasi berjalan, saat itulah software program aplikasi seperti Ms. Office, Photoshop dan Browser bisa dijalankan.

Saat ini Sistem operasi banyak terdapat pada perangkat Komputer dan Ponsel masakini, jenis OS yang sering ditemukan pada Komputer adalah Windows sedangkan pada Ponsel adalah Android.

 

Apa saja fungsi Sistem operasi ?

Sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting dalam menjalankan Komputer agar bisa berfungsi, diantaranya :

1. Menjalankan operasi dasar

Fungsi yang paling utama adalah menjalankan operasi dasar pada komputer, hal ini dikarenakan sistem operasi merupakan komponen vital yang mendasari bekerja nya perangkan keras dan lunak.

2. Mengelola kinerja Hardware dan Software

Sitem operasi dapat bertindak sebagai Resource Manager dalam perangkat komputer, sitem operasi dapat mengontrol fungsi dari perangkat keras seperti Memory, CPU, Hardisk dan lainnya, juga dapat menjembatani suatu program software agar bisa tersinkronisasi dengan perangkat keras tersebut.

Sebagai contoh ketika kita akan membuat suatu dokumen maka yang dibtuhkan dari Hardware adalah Keyboard dan Mouse sedangkan dari Software adalah program aplikasi Office, kedua hal tersebut bisa tersinkronisasi oleh sistem operasi.

3. Menyajikan tampilan

Saat kita lihat layar komputer tentu terdapat tampilan berupa teks, grafis dan tampilan lainnya, itu semua merupakan hasil dari pengoperasian sistem komputer yang menterjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU sehingga memudahkan kita untuk memahami bahasa pemrograman dengan tampilan yang mudah dimengerti.

4. Wadah program atau aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang ada pada Komputer memang tersimpan di perangkat penyimpanan, namun sebenarnya aplikasi tersebut tersimpan pada suatu wadah yang terdapat pada Sistem operasi, sehingga tanpa adanya sistem operasi maka aplikasi tersebut tidak akan bisa dijalankan.

Jika di analogi kan, sitem operasi adalah suatu alas/lantai dimana barang-barang yang lainnya seperti kursi, lemari, dan kasur diletakkan di atas alas tersebut, sehingga tanpa adanya alas yang mendasari maka semua benda yang berada di atas alas tersebut tidak dapat berfungsi.

Itulah pengertian dan fungsi dari Sistem Operasi, semoga bermanfa'at dan Terimakasih.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel