Makna kalimat Santri / سنتري

makna kalimat santri - jaditahu.com

Santri saat ini sedang banyak dibicarakan oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari masyarakat bawah sampai pejabat, hal ini dikarenakan mulai terbuka dan memahami nya sepak terjang dan jasa Santri dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dengan ditetapkan nya nya Hari Santri Nasional yang jatuh pada Tanggal 22 Oktober menunjukan penghormatan yang tinggi dari pemerintah kepada santri, bahkan tak hanya itu dengan di sah kan nya RUU Pesantren memperlihatkan pengharapan yang tinggi terhadap keberadaan Pondok Pesantren beserta Santri nya untuk kemajuan Agama dan Negara di NKRI tercinta.

Santri menurut Istilah adalah seorang pelajar muslim yang mempelajari cabang cabang keilmuan Islam Ushuluddin yang terdiri dari Ilmu Tauhid, Fiqih dan Tasawwuf. Namun dalam memaknai “Santri” banyak para Ulama atau Kyai yang memberikan makna yang lebih luas terhadap kalimat tersebut, dikatakan bahwasanya Santri / سنتري dalam penulisan Arab merupakan suatu Akronim yang setiap huruf nya memiliki makna tersendiri yaitu sebagai  berikut ;
  • Huruf س  memiliki makna  سهل الخلق والتصرف Artinya lemah lembut perangai dan tingkah laku nya. Seorang Santri di didik dan di ajarkan agar memiliki akhlak yang baik dan sopan santun terhadap orang lain, santri juga di ajarkan bagaimana memiliki sikap Tawadhu dan Ta'dzim kepada Kyai.
  • Huruf  ن  memiliki makna  نائب عن المشايخ  Artinya Generasi Penerus para ulama. Hampir secara keseluruhan para Ulama yang Masyhur dan memiliki keilmuan yang tinggi berasal dari seorang Santri, dikatakan bahwasanya Santri adalah Pewaris para Ulama dan Ulama adalah Pewaris para Nabi.
  •  Huruf  ت  memiiki makna  تارك المعاصي  Artinya Mampu meninggalkan Ma’shiyat. Dengan Ilmu yang Santri miliki, mereka bisa membedakan mana Haq dan mana Bathil sehingga sangat mudah bagi santri untuk meninggalkan Ma'siat sebagaimana yang di ajarkan oleh Kyai nya.
  • Huruf  ر   memiliki makna   راحم بالضعفاء والمستضعفين  Artinya Menyayangi orang orang yang lemah dan tertindas. Terbiasa hidup bersama dengan orang lain, seorang santri pasti memiliki rasa simpati yang tinggi terhadap orang lain terutama orang yang lemah dan membutuhkan bantuannya, hal ini merupakan sikap seorang santri yang saling tolong menolong dalam kebaikan.
  • Huruf  ي  memilik makna   يرجو السلامة فى الدين والدنيا والاخرة   Artinya Selalu mengharapkan keselamatan di dalam agama, dunia dan akhirat. Seorang santri di ajarkan bagaimana agar mereka mempunyai tugas dan tanggung jawab menyelamatkan Agama di era globalisasi sekarang ini. Namun mereka tetap di ajarkan bagaimana seimbang dalam hidup, mereka tidak di ajarkan untuk lebih memilih akhirat daripada dunia ataupun sebaliknya, melainkan di ajarkan untuk bisa seimbang di antara keduanya menjadikan urusan dunia nya untuk akhirat nya.
Itulah makna dari kalimat  Santri / سنتري yang wajib kalian para santri mengetahuinya, kita semua berharap agar bisa menjalankan setiap makna yang terkandung di dalamnya, Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfa'at bagi kita semua, Aamiin ya Rabbal'alamiin

2 Responses to "Makna kalimat Santri / سنتري "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel