Hukum menerima Discount Natal

hukum menerima diskon natal - jaditahu.com

Saat Natal tiba banyak sekali perdebatan yang terjadi mulai dari hukum mengucapkan selamat natal sampai hukum menjaga gereja yang sedang melaksanakan natalan oleh umat islam. Namun terlepas dari itu semua saat natal tiba banyak sekali toko toko yang pasang discount dalam rangka memperingati hari natal. Lalu bagaimana hukumnya ?

Dikutip dari ceramah Buya Yahya, ketika seorang muslim membeli barang ataupun lainnya di toko milik non muslim dan dia mendapatkan discount dalam rangka memperingati hari raya natal maka hukumnya boleh dan sah menerimanya, karena islam itu sangat menjunjung tinggi sikap toleransi dengan mengajarkan umat nya untuk bebas berinteraksi dengan orang yang berada di luar islam selama tidak melewati batasan-batasannya yaitu yang berkaitan dengan akidah dan keimanan.

Kalaupun terdapat para ulama atau bahkan pembaca yang berpendapat bahwa mengucapkan selamat natal itu haram tetapi itu tidak berlaku untuk hukum menerima discount natal dari toko non muslim, karena hal itu merupakan praktik bermuamalah dan tidak ada kaitan nya sama sekali dengan urusan keimanan. Hal itu sama saja seperti kita memberi makan mereka, berniaga dengan mereka, saling tolong menolong dengan mereka, memberi discount untuk mereka disaat kita memperingati hari besar kita, maka hal itu di perbolehkan karena itu adalah sikap bertetangga, sikap hidup bernegara dengan non muslim yang berdamai dengan kita.

Bahkan andaikan terdapat seorang non muslim yang kelaparan maka kita wajib hukumnya memberi makan untuk mereka, contoh lainnya ketika terdapat tetangga kita yang non muslim mengundang kita makan bersama sebelum orang tersebut berangkat natalan maka sah saja, apalagi hanya sekedar menerima discount ketika kita membeli barang di toko milik mereka, karena melakukan nya sama sekali tidak membesarkan ikrar ketuhanan mereka.

Jadi jelas bahwa hukum nya boleh, sah di lakukan dan tidak menyebabkan kita berdosa karena hal tersebut, karena hal tersebut merupakan urusan muamalah, praktik bertetangga dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan urusan keimanan, Terkecuali dengan Kafir Harbi yang memusuhi dan memerangi umat islam maka haram hukumnya kita bermuamalah dengan mereka karena penghinaan dan sikap nya kepada kita ummat islam.

Terimakasih telah membaca, semoga bermanfa'at. Silahkan berkomantar apabila terdapat kekeliruan.

1 Response to "Hukum menerima Discount Natal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel