Jalur Masuk PTN

jalur masuk ptn - jaditahu.com

Bagi siswa kelas 12 yang akan lulus, menentukan after graduate merupakan hal yang sulit karena harus di hadapkan dengan permasalahan yang kompleks seperti keinginan orang tua bahkan biaya. ketika hati kita mantap akan melanjutkan kuliah pun masih juga di hadapkan dengan permasalahan, yaitu sulitnya masuk PTN yang kita harapkan. Untuk itu kita harus tau jalur masuk PTN yang banyak itu agar tidak hanya mengandalkan salasatu jalur saja. Berikut ulasannya;

1. SNMPTN

Merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai dengan semester 5 bagi SMA/SMK/MA yang belajar 3 tahun atau semester 1 sampai dengan semester 7 bagi SMK yang belajar 4 tahun, serta portofolio akademik.

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan telah mengisi PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah). Seleksi ini tidak menggunakan Tes melainkan melalui nilai Raport dan dilaksanakan sebelum kelulusan.

Baca Juga : Tips Menghadapi UN

2. SBMPTN

Meruapakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu seleksi masuk PTN dengan menggunakan hasil ujian test yang di lakukan oleh calon mahasiswa. Tes ini dilakukan berbasis komputer atau lebih dikenal dengan istilah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Dalam tes tersebut ada dua materi utama yang diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) yang meliputi seputar kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dengan materi yang diujikan adalah materi-materi rumpun Saintek (Sains dan Teknologi) dan Soshum (Sosial Humaniora).

Adapun tahapannya, seluruh calon mahasiswa diharuskan untuk mengikuti UTBK terlebih dulu, baru setelah itu menggunakan nilai hasil ujiannya untuk mendaftar ke PTN yang dituju. Saat ini berdasarkan kebijakan baru calon mahasiswa diberi kesempatan hanya sekali.

3. UMPTK

Merupakan singkatan dari Ujian Masuk Peguruan Tinggi Kedinasan, yaitu test yang dilakukan untuk masuk ke PTK. PTK sendiri merupakan suatu perguruan tinggi negeri yang berada dalam naungan lembaga pemerintah atau kementerian sebagai penyelenggara pendidikan.

Keuntungan kuliah di PTK salahsatunya setelah lulus akan langsung di tempatkan kerja, namun tantangannya adalah harus lulus tiap semester nya dengan nilai yang baik.

4. PMDK PN

Merupakan singkatan dari Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri, yaitu seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Jalur PMDK PN ini mirip SMNPTN yang merupakan jalur undangan, bedanya PMDK PN ini khusus untuk penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikannya ke Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk mengikuti seleksi nya pun sama seperti SMNPTN, kalian tidak perlu mengerjakan tes tertulis, cukup dengan menginput nilai raport semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) selama masih aktif bersekolah di SMA/ SMK/ MA atau sederajat.

5. SPAN PTKIN

Merupakan singkatan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, yaitu seleksi secara nasional untuk UIN/IAIN/STAIN se Indonesia.

SPAN PTKIN ini diperuntukkan hanya untuk jurusan yang islami, seperti Perbankan Syariah, Sosiologi Agama, Pendidikan Agama Islam, dan lain-lain. Pada dasarnya seleksi ini sama dengan SNMPTN, hanya saja yang membedakan perguruan tinggi dan jurusan yang di pilih nya.

6. UM PTKIN

UM PTKIN merupakan singkatan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, yaitu pola seleksi secara nasional pada UIN/IAIN/STAIN dengan melalui test terlebih dahulu.
UM PTKIN ini mirip seperti SBMPTN namun diperuntukkan untuk jurusan yang islami, seperti Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, dan lain-lain.
Adapun Test nya meliputi :

1. Tes Potensi Akademik (TPA)
2. Bahasa ( Terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab)
3. Keislaman ( Terdiri dari Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, Aqidah Akhlak)
4. IPA/IPS
5. IPC (IPA dan IPS)

7. Ujian Mandiri PTN/PTS

Jalur ini merupakan jalur seleksi yang di lakukan secara khusus oleh PTN ataupun PTS masing masing, sistem penilaian dari jalur mandiri ini berbeda beda, waktu pelaksanaanya pun berbeda, ada yang di lakukan sebelum SBMPTN ada juga yang di lakukan setelahnya.

Untuk mendapatkan informasinya kalian dituntut agar lebih rajin mencari informasi di website perguruannya masing masing.

Itulah 7 Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang bisa kalian masuki, tetap semangat jangan menyerah karena gagal di satu cara, masih banyak cara yang lain yang bisa sobat tempuh :)

0 Response to "Jalur Masuk PTN"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel